Pengetahuan Dasar Yang Harus Diketahui Supaya Mahir Kimia

Sebenarnya Apa itu Kimia?

    Kalo lo pengen mahir bukan cuma "keliatan pinter" tapi emang bisa tentang kimia, ini adalah awal yang paling tepat yang lo lakuin, yaitu paham apa sih sebenernya kimia itu. By the way, kenalin dulu disini gue adalah Alyca (nama samaran ya gezzzz). Sebelum lo tau apa itu kimia, gue pengen cerita satu hal tentang sepenting apasih kimia itu?.

    Jadi gini, dari lo bangun tidur sampe lo mau tidur lagi, semuanya berkaitan dengan kimia loh. "Hah kok bisa? gue gak ada ke lab kok". Ehhh no, kimia itu bukan hanya di lab tapi ada di sekitaran lo, mau lo sadari atau gak. Selama lo hidup lo bernafas kan? nafas yang lo gunain itu adalah bagian dari kimia yaitu oksigen. Terus nih, kalo lo bangun tidur langsung sikat gigi, isi pasta giginya itu berkaitan dengan kimia, jangankan isinya, bungkusnya aja ada kimianya bro. Pencuci muka lo, air yang lo gunain, skincare lo, tempat tidur lo, bahkan kuku yang lo potong aja ada kandungan kimianya.  Karena kimia itu seluas itu bro, makanya kimia nih jadi penting banget. Dari yang dimanfaatin untuk ngembangin obat-obatan, kecantikan, bagian air bahkan sampai dikembangin ke pembuatan baju dengan cara disemprot yang digunakan Bella Hadid (coba liat disini videonya).


sumber: JawaPos.com

    Sampe sini udah paham ya, kimia sangat penting karena kontribusinya juga luas banget bro. Tanpa kimia kita bisa aja masih di zaman batu, baju kita berdasarkan kulit aja, pokoknya gak semaju sekarang. Jadi sebenernya apasih kimia itu?, Kalau lo coba googling mungkin lo bakalan nemu bahwa kimia itu merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang prinsipnya mempelajari sifat-sifat zat, perubahan yang dialami dan hukum alam yang menjelaskan perubahan tersebut. 
    
    Maksud zat disitu apa? misalnya seperti apa sesuatu, baunya gimana, bentuknya gimana. Kemudian mengenai perubahannya, bagaimana jika pada suhu yang berbeda, atau bagaimana wujud zat jika berinteraksi dengan zat yang lain dan bagaimana hukum alam yang menjelaskannya. Nanti akan ada atom yang lo pelajari, ikatannya gimana dan seterusnya. 

    Kalau ditanya kimia itu sulit gak sih? kalo kata dosen gue sih sebenarnya kimia itu mudah, karena yang kita pelajari itu adalah zat yang kecil, gue juga mikirnya gitu, kalo dibandingkan dengan ilmu yang membahas manusia, itu rasanya lebih sulit karena lebih kompleks. Tapi menurut gue nih ya yang buat kimia sulit itu karena zat yang kita pelajari itu sangat kecil bahkan gak bisa dilihat, jadi harus pandai berimajinasi, tapi syukurnya sekarang sudah ada teknologi yang bisa membuat lo lebih mudah untuk paham nih sama kimia. 

    Jadi gimana? tertarik gak untuk belajar kimia? tertarik dong yaa masa gak, hehe. 
Kalo lo tertarik kita lanjut ke materi selanjutnya yang buat lo semakin ngerti apa itu kimia, seluas apa dan manfaatnya gimana. 

Komentar